Berita

MTs Plus : Membuka Jendela Dunia Dengan Bahasa Asing

Arabic and English Contest MTs Plus Asy-Syukriyyah tahun 2023 telah dilaksanakan dengan lancar. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam berbahasa asing.
Khususnya berbahasa Inggris dan Arab. Selain mengadakan beberapa kompetisi, peserta didik juga diberikan kesempatan untuk membuat stand yang dibagi menjadi 8 negara berbahasa Inggris dan berbahasa Arab. Diantaranya: Saudi Arabia, Italia, Jepang, Malaysia, India, Qatar, Mesir dan Inggris. Kriteria penilaian untuk stand dan parade negara yaitu budaya, makanan dan kostum yang harus sesuai dengan negara tersebut.

Selain Parade dan stand ada juga beberapa lomba yang diikuti oleh peserta didik diantaranya Arabic and English First Rank, Sing a song, Story telling, Muhadhoroh dan Hiwar.

Kegiatan Arabic and English Contest ini dibuka oleh Direktur LPI Asy-Syukriyyah Ustadz Fadly Robbi, Lc. dan dihadiri oleh beberapa manajer LPI Asy-Syukriyyah, Ketua komite Ibu Mira Nurlita, AMd.Keb dan orang tua murid kordinator dari masingmasing kelas.

Education Trip SMPIT: Serunya Belajar Fenomena Gempa Bumi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tangerang menjadi tujuan siswa kelas 8 SMPIT Asy-Syukriyyah sebagai tempat kegiatan eduvisit. Kunjungan ini dilaksanakan pada Selasa (21/02), yang beralamatkan di Jl. Meteorologi No. 5 Tanah Tinggi Tangerang. Kedatangan rombongan SMPIT Asy-Syukriyyah disambut oleh Bapak Suwardi Kepala Stasiun Geofisika Klas 1 Tangerang, serta staff yang mendampingi nya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan terkait gempa bumi, dan termasuk ke dalam rangkaian PTS Projek di semester dua. Akan tetapi karna keterbatasan tempat rombongan SMPIT Asy-Syukriyyah dibagi menjadi dua sesi. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut. Bagaimana keseruan SMPIT Asy-Syukriyyah dalam melakukan kunjungan ke BMKG, mari simak baik-baik kegiatan mereka!

Siswa kelas 8 SMPIT Asy-Syukriyyah mendapatkan edukasi terkait gempa bumi. Materi yang disampaikan yaitu, tentang apa yang dimaksud dengan gempa bumi, karakteristik gempa, dan akibat-akibat gempa bumi. Kemudian siswa juga dijelaskan tentang hal-hal yang perlu diwaspadai saat gempa bumi. Setelah mendapatkan informasi mengenai gempa bumi, siswa mempraktikan simulasi gempa bumi. Bagaimana mereka harus bertindak saat terjadi gempa bumi. Salah satu yang disampaikan oleh Ibu Dinda yaitu melindungi kepala dan leher belakang, serta bersembunyi di bawah meja atau kursi.

Kegiatan selanjutnya siswa diajak untuk memasuki ruangan berbagai alat yang digunakan oleh tim BMKG dalam memantau gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Adapun alat-alat tersebut adalah Seskompi (menganalisa gempa bumi), Warning Receiver System (penyampaian informasi) , Lightning Detector (pendeteksi petir), Shakemap (peta penyebaran gempa bumi). Pada sesi ini siswa sangat penasaran dan terlihat begitu antusias, dengan melontarkan beberapa pertanyaan terkait alat-alat tersebut.

Acara diakhiri dengan pemberian bingkai sebagai ucapan terima kasih untuk kantor BMKG Klas 1 Tangerang. Kegiatan akhir dari eduvisit ini adalah memberikan bingkai ucapan terima kasih kepada Kantor BMKG Klas 1 Tangerang yang diwakilkan oleh Kepala SMPIT Asy-Syukriyyah yaitu bapak Maryono, M.Pd

Kemah Ukhuwah Nasional V Sako Pramuka SIT

Sebagai Lembaga Pendidikan, Asy-syukriyyah tidak hanya memastikan bahwa para peserta didiknya akan mendapatkan kualitas pendidikan terbaik. Lebih dari itu, berbagai kegiatan yang dapat menjadi tempat mengasah minat dan keterampilan, tersedia banyak. Di berbagai kegiatan siswa inilah peserta didik dapat saling berbagi keahlian, mempelajari hal-hal baru yang sesuai dengan minatnya, dan tentu saja untuk mengaktualisasikan diri. Salah satu kegiatan akbar yang Asy-Syukriyyah ikuti adalah Kemah Ukhuwah Nasional (Kemnas) V 2023 yang diadakan di Buperta
Cibubur, Jakarta Timur. Acara ini diselenggarakan oleh Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) dengan tema “Membentuk Generasi Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif” dan berlangsung mulai dari tanggal 15 hingga 18 Februari 2023. Unit pendidikan yang mengikuti kegiatan ini adalah SDIT, SMPIT dan SMAIT.

Kemnas V 2023 ini diikuti sekitar 10.000 orang peserta yang terdiri dari siswa/i jenjang SD dan SMP se-Indonesia. Hadir juga peserta dari luar negeri yaitu dari Malaysia dan Thailand sebanyak 104 peserta. SDIT Asy-syukriyyah melepas 16
peserta yang terbagi menjadi 2 regu putra dan putri. Pembina pendamping yang juga ikut serta dari SDIT terdapat 4 (empat) orang. Acara yang berlangsung selama 3 hari ini diharapkan dapat memberi banyak pengalaman menarik untuk para peserta.

SMPIT juga mengirimkan 16 peserta dan 5 pembina pendamping. Salah satu pembina Pasuska SMPIT Asy-syukriyyah, Kak Dasuki, telah dipercayakan sebagai PJ Upacara untuk mendampingi Pak Budi Waseso (Ketua Kwartir Nasional) dalam penyematan Tanda Peserta pada acara Pembukaan Kemah Ukhuwah Nasional (Kemnas) V 2023 di Buperta Cibubur Jakarta Timur.

Selain itu, ananda Fakhri Rijal yang merupakan siswa SMPIT terpilih menjadi pemimpin upacara penutupan dan ananda Felya Nashita juga terpilih menjadi perwakilan pencopotan tanda peserta putri pada upacara penutupan Kemnas V 2023.

Pada acara Anjangsana V Rabu Sore, siswa-siswa SMPIT Asy-Syukriyyah memasak makanan khas Tangerang yaitu laksa. Makanan tersebut kemudian dibagikan kepada berbagai kontingen yang berasal dari daerah-daerah yang berbeda.

Tidak kurang dari 26 siswa SMAIT melaksanakan tugas sebagai panitia Kemnas Service Team (KST). Selain itu, salah satu siswa SMAIT bernama ananda Rizky Nur Firdaus juga dipercaya sebagai Maskot Kemnas V. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi para siswa/i untuk menambah khasanah wawasan dan pengalaman yang bermanfaat.

SMAIT Raih Juara Olimpiade Sains dan Olahraga

Alhamdulillah.. Kabar baik kembali ditorehkan oleh para siswa SMAIT Asy-Syukriyyah. Kali ini medali diraih oleh ananda
Maisa Mustika Endah yang berhasil mendapatkan Juara 2 dalam Olimpiade Sains Mapel Geografi se-Kota Tangerang.

Pada kompetisi berbeda, klub basket putri SMAIT juga berhasil meraih Juara 4 pada Lomba Basket Putri Tingkat Nasional. MasyaAllah.. Semoga prestasi yang telah diraih menjadi roda motivasi untuk seluruh siswa SMAIT Asy-Syukriyyah!

Puncak Tema TKIT : “Budaya Indonesia”

Kegiatan puncak tema budaya untuk bulan ini dilaksanakan dalam bentuk Festival Budaya Indonesia. Festival budaya ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan anak untuk mengenal budaya Indonesia. Setiap kelas menampilkan siswa nya dalam penampilan menari, menyanyi dan fashion show. Kegiatan Festival ini juga dihadiri oleh Pengawas TK dan Tim dari LPI Asy Syukriyyah. Semoga dengan mengenalkan budaya sejak dini akan memupuk rasa kebersamaan dan persatuan diantara anak anak.

Winter Trip Education Turkiye 2023: Wujudkan Asy-Syukriyyah Berwawasan Global

Lembaga Pendidikan tentulah tak akan pernah bisa dilepaskan dari perjalanan sebuah bangsa. Sekolah menjadi tempat ditautkannya harapan-harapan mulia atas kelahiran kaum intelektual dan generasi yang dipercaya akan mampu membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Pada awal Februari lalu, tepatnya tanggal 04 Februari 2023, rombongan delegasi Asy-Syukriyyah berangkat mengikuti Winter Trip Education Turkiye 2023. Salah satu delegasi yang diberangkatkan yaitu Ibu Mairatu Sisriyeni yang merupakan Kepala Sekolah SMAIT Asy-Syukriyyah.

Dalam kunjungan ini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama 10 hari di Turki. Pertama, rombongan delegasi diajak untuk mengeksplorasi peradaban Islam di Turki. Selanjutnya, kunjungan ke beberapa sekolah seperti Huda International School, Birikim Okulları dan sekolah lainnya. Selain itu, delegasi Asy-Syukriyyah juga menghadiri Seminar Internasional yang menjabarkan terkait kurikulum pendidikan, pertukaran pelajar dan informasi berbagai beasiswa pendidikan.

Di akhir seminar, para pelajar Indonesia yang sedang berkuliah di Turki mengajak para siswa Indonesia untuk juga merasakan pengalaman mengenyam pendidikan di Turki yang merupakan salah satu negara di Eropa dengan sistem pendidikan terbaik. Menurutnya, Turki sangat terbuka dengan mahasiswa internasional dan pendatang yang ingin melakukan kolaborasi dan mengembangkan inovasi dan kreativitas di bidang akademik Semoga Allah senantiasa meridhai segala ikhtiar yang kita lakukan untuk dapat memberikan pendidikan terbaik untuk siswa-siswi Asy-Syukriyyah.