Pelatihan Guru MTs Plus: Keterampilan Abad 21

Mengawali pembelajaran semester genap TP. 2022/2023, MTs Plus Asy-Syukriyyah melaksanakan Pelatihan Guru. Kegiatan yang bertema “Peningkatan Proses Pembelajaran dengan Model dan Metode HOTS dan Pembelajaran Abad 21” ini dilaksanakan pada Sabtu, 14 Januari 2023 dengan pemateri Sudirman, S.Pd.I yang merupakan Manajer Kurikulum LPI Asy-Syukriyyah dan dipandu oleh Siti Romlah, S.Pd Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum.

Acara diawali dengan tilawah ayat suci Al Qur’an bersama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Madrasah dan sambutan oleh Ustadz Matali Firmansyah, Kepala MTs Plus Asy-Syukriyyah. Dalam sambutannya, Ustadz Matali menyampaikan bahwa Pelatihan Guru ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan
produktifitas guru di MTs Plus Asy-syukriyyah. Beliau juga menyampaikan semakin berkembang zaman dan teknologi maka harus semakin berkembang juga guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Pada sesi materi, Sudirman S.Pd.I menyampaikan bahwa untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna, guru terlebih dahulu harus menyusun Rencana Pembelajaran yang akan di aplikasikan pada proses pembelajaran. Selain itu, guru harus memahami bahwa pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mampu menggabungkan kecakapan literasi, kemampuan pengetahuan, keterampilan, perilaku, serta penguasaan teknologi.

Pada abad ini peserta didik tidak hanya dituntut untuk mahir dalam ilmu pengetahuan. Lebih dari itu, peserta didik juga harus terampil dalam menggunakan teknologi, menjadi insan literat, serta berakhlak yang baik.

Kompetensi yang harus dimiliki di abad 21 ini disebut sebagai 4C yang mencakup creativity and innovation, collaboration, communication, critical thinking and problem solving. Pembelajaran di abad ini juga harus berbasis
HOTS (High Order Thinking Skill) yang berarti keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Dengan pola penyampaian materi yang sangat menarik, guru-guru merasa sangar tertantang membuat proyek-proyek dari bahan bekas yang telah disediakan oleh pembicara dan langsung mempresentasikan proyek yang telah dibuat.

Semoga pelatihan ini berdampak positif dan besar manfaatnya bagi keluarga besar MTs Plus Asy-Syukriyyah khususnya dan juga untuk Asysyukriyyah secara kesuluruhan. Aamiin ya rabbal alamin..